+62 (0274) 543676

JL. Tentara Rakyat Mataram, No. 55-57, Bumijo, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55231, Indonesia

  • Instagram Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon

©2019 by Program Magister Teknik Sipil Universitas Janabadra

Profil Program Studi

Magister Teknik Sipil - Fakultas Teknik - Universitas Janabadra

Program Studi (PS) Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Janabadra (MTS FT UJB) Yogyakarta didirikan pada tahun 2011, dan  mendapatkan ijin penyelenggaraan oleh DIKTI nomor 214/E/O/2011 tanggal 30 September 2011. PS ini didirikan atas beberapa pemikiran antara lain: (1). PS strata S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Janabadra telah terakrditasi B, sehingga telah memenuhi syata untuk mendirikan PS S2 Teknik Sipil, (2). Kebutuhan lulusan S1 Teknik Sipil (khusunyanya alumni Universitas Janabadra) untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi (S2) dirasakan mulai diperlukan, (3). Adanya peluang pasar di PS studi ini karena meningkatnya kebutuhan tenaga-tenaga ahli strata 2, dan (4). Perlunya wadah untuk eksistensi tenaga-tenaga pengajar yang telah memenuhi kualifikasi untuk mengajar di jenjang S2. Pendiriaan PS ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif baik ke dalam lingkungan Universitas Janabadra sendiri maupun ke masyarakat luas.

Dosen Tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan bidang Program Studi, rasio dosen tetap berpendidikan S3 sangat baik yaitu 85,71%. Upaya yang dilakukan adalah merencana dan mendorong dosen untuk studi lanjut. Sedangkan untuk dosen  yang masih studi lanjut (S3) adalah 14,29%, sehingga diharapkan jika sudah selesai dapat meningkatkan kemampuan jajaran dosen. Jika dilihat dari jabatan akademiknya, 57,14% berjabatan lektor, 28,57% lektor kepala, dan sisanya asisten ahli. Belum ada dosen yang berjabatan akademik professor. 85,71% dosen telah memiliki sertifikat dosen.

VISI, MISI, TUJUAN PROGRAM STUDI

V I S I

Menjadi Magister Teknik Sipil yang inovatif dan aplikatif dibidang teknik sipil pada Tahun 2026.

M I S I

Menyelenggarakan Pendidikan program pascasarjana dalam bidang teknik sipil yang berinovasi dan berorientasi lapangan.
Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang teknik sipil yang bersifat aplikatif.
Menyelenggarakan kerjasama regional dan nasional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

T U J U A N

Menghasilkan lulusan yang inovatif, ahli, dan trampil;
Menghasilkan penelitian inovatif yang mendorong pengembangan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam skala nasional;
Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat untuk memberdayakan masyarakat agar mampu menyelesaikan masalah secara mandiri dan berkelanjutan;
Mewujudkan program magister yang memiliki kualifikasi tinggi.

Konsentrasi Keilmuan

Bidang Pengutamaan/Konsentrasi yang ada di Program Magister Teknik Sipil Janabadra

DSCF2983.JPG
DSCF3108.JPG

Manajemen Konstruksi

·      Konsentrasi pertama adalah Manajemen Konstruksi (MK) dengan kekhususan pada Manajemen Operasi dan Pemeliharaan (didukung dengan matakuliah (MK) wajib Manajemen Operasi dan Pemeliharaan 3 SKS). Mengapa kekhususan ini sangat diperlukan?:

1)  Biaya pemeliharaan bangunan dapat mencapai hingga 35-65% dari biaya pembangunannya (Mawardi et al., 2018),

2) Operasi dan pemeliharaan adalah sesuatu yang sifatnya kontinyu/terus menerus sampai masa pakai sebuah bangunan/konstruksi habis.

Kekhususan ini lah yang membedakan dengan magister teknik sipil di perguruan tinggi lainnya. Kekhususan ini juga bersifat sesuatu yang baru (inovasi) karena trend perkembangan manajemen operasi dan pemeliharaan dalam lingkup Building Information Management (BIM) (Rachel Novotny, 2018) yang saat ini sudah sangat maju.

Pengelolaan Sumber Daya Air

Konsentrasi kedua adalah Sumber Daya Air (SDA) dengan kekhususan Pengelolaan Sumber Daya Air berbasis Kewilayahan (Spasial) didukung dengan teknologi. Kekhususan ini digunakan untuk mendukung keberhasilan program pemerintah dibidang sumberdaya air berkelanjutan, dan saat ini pemerintah tengah menyusun Rencana Undang-undang (RUU) sumber daya air sebagai Undang-undang Sumber Daya Air yang lama. Kurikulum pada konsentrasi ini diarahkan untuk mendukung kebijakan tersebut seperti: Mata Kuliah (MK) Pengelolaan Sumber Daya Air, Analisis Ketersediaan/Kebutuhan Air, Ekonomi SDA, dan Sistem Informasi Geografis untuk analisis kewilayahannya.